Jumat, 02 Desember 2016

salah satu cerpen mahasiswa yang konyol "lets simak"

Seorang mahasiswa baru,  yang culun kusut dan kampungan sekaligus perantawan, ya itulah gua. Yes iam. Panggil aja gua mimin, Anak rantau yang jarang punya uang hehe. Rasanya hal yang biasa buat gua jarang punya uang. Dan itu adalah tuntutan gua buat kuliah sambil cari sampingan, dan  gua harap gabakal ganggu kuliah gua tentunya. Info sana sini gua cari dan dan tanya sana sini ama senior, entah info ngajar privat dan lain sebagainya, yang tujuannya biar w bisa bertahan hidup di tempat asing nan jauh dari keluarga gua.
“Kalo ga dapet beasiswa pulang aja ya teh ke rumah” OMG helloooooo, ngapain coba gua nanti dirumah kalo ga sekolah, paling paling di kawinin, tidaaaaak. Pertanyaan nya emang ada yang mau? Haha. Rasanya kata kata ibu gua tadi jadi dorongan banget biar gua kuliah serius dan dapet beasiswa.
kuliah dengan modal nekad? That’s right. Karna apalah daya ortu gua ga bisa biayain gua kuliah, ditambah gua kuliah di kota . Yang segala sesuatu perlu menggunakan uang. Hey di jakarta ga pegang duit sama sekali? Cari mati kamu sob. Daun pisang aja di kota mesti beli :D
“ Dilarang berjualan di dalam kelas” padahal sudah jelas tertera tulisan itu di setiap pintu kelas, tapi gua selalu saja melanggar itu selagi gua belum dapet teguran hihi. “ Min min gua mau, pake sambel ya min” nah loh pake sambel segala kan, jualan apa coba gua dalem kelas sampe bawa sambel segala, jual batagor? Cilok? Baso? atau bahkan jual mie ayam?  Hey iya kali gua bawa gerobak masuk kelas, bisa di serbu warga kampus nanti :D


BERSAMBUNG.....

Selasa, 12 Juli 2016

BISNIS UNIK DAN MENARIK

BISNIS RAMADHAN
UNTUK ANAK KOS

        Keberadaan sahur dalam memulai puasa pada bulan ramadhan memiliki manfaat bagi tubuh. Namun, banyak orang yang enggan melaksanakan sahur lantaran tidak terbangun ketika fajar hendak terbit.
        Terlebih kondisi anak kos, yang dalam kehidupan sehari-hari serba mandiri. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, semuanya tergantung dari minat dan kemaun diri. Kerena itu, tak sedikit anak kos yang tidak sahur ketika berpuasa lantaran tidak terbangun.
        Untuk mengatasi masalah tidak terbngun sahur,  saya  Mia Noviantri bersama dengan sahabat karib saya  Alda Kholijah yang sama sama  mahasiswa UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA  jurusan Muamalat semester 2  ini memanfaatkan keadaan dengan berbisnis. Bisnis unik nan kecil kecilan yang di jalani saat ini namanya “SO” atau Sahur Online J.
        SO merupakan jasa penyediaan sahur bagi siapa pun yang memesan. Pelayanan yang ditawarkan dalam jasa ini berupa pelayanan antar sahur, sekaligus membangunkannya dan pelayanan membangunkan subuh. Dengan begitu, konsumen tidak hanya terpenuhi kebutuhan sahurnya. Kewajiban tuk solat subuh tepat waktu juga di bantu dengan jasa ini. cieeeee
        Bisnis SO yang saya jalani dengan Alda memang bisnis yang baru dijalani pada Ramadhan tahun ini.  Mengapa kita membuat bisnis seperti ini. Ini sih berawal dari kebiasaan beberapa anak UIN hehe. Sering teman kosan dan organisasi  mengeluh malas bangun sahur dan cari makanan keluar. Nah dari situ kita sedikit terpikirkan, kenapa kita ga bantu teman teman saja dengan cara antarkan sahur dan membangunkannya. Tercipta lah “SO” ( Sahur Online). et insfirasi ini juga datang dari abang kesayangan kita juga , yaitu bang ibad. :)
        Nah, hari pertama puasa kita dah mikirin tuh bagaimana agar bisnis SO ini bisa di ketahui oleh banyak orang. Mulai dari membuat BC an yang menarik, simple, tentunya ga sepanjang novel :D, karna kita tau kalo panjang panjang pada males bacanya hehe. Lalu tinggal kita share  ke setiap grup yang kita punya, seperti grup di whatsapp, share disemua kontak BBM dan d LINE. Simple kan ?
        Modal share an ke beberapa medsos awalnya kita aga ragu, eh ternyata ga disangka responan temen temen dan senior bagus bagus terkait dengan SO ini. Cara menikmati jasa SO ini sangat lah mudah. Para konsumen cukup order via BBM, WA, atau SMS, dengan menuliskan nama pemesan, pilihan paket makanan, dan alamat kosan dengan jelas. Setelah itu, saya dan alda akan konfirmasi dan komunikasi intens untuk pengiriman paketnya. oh iah pemesanan SO juga kita hanya melayani sampai jam 10 malam selebihnya bisa order esok hari guys. karna kalo ga ada batas jam pemesanan bisa rempong kita haaha, bahaya kalo mesennya pas jam setengan 5 subuh kapan masaknya hihi.
        Setelah berjalan satu minggu kemudian saya mendapatkan WA dari nomor baru, ternyata dari pihak koran sindo, ga nyangka yaa bisnis saya sama alda ternyata dilirik juga hehe.



Terbitan hasil koran sindo


        Terbilang berbeda dari bisnis makanan yang lain, keunikan bisnis SO ini berbisnis sambil beribadah, bisa membangunkan sahur ketika kebanyakan anak kos susah untuk bangun dan bisa mengajak untuk solat subuh tepat waktu
        Makanan yang ditawarkan SO terjamin kesehatan nya looooooh, tidak hanya murah makanan ini juga higienis, lezat tentunya. Harga yang ditawarkan SO cukup terjangkau bagi anak kos. Mulai dari RP 13.000 Sampai RP 15.000, kalo langganan kita berikan tambahan special cuci mulut seperti agar agar atau kue basah.
        Nah kita juga order hanya d daerah ciputat aja ko teman teman, kalo order seluruh indonesia bisa rempong kita hihi.
        Keuntungan SO ini sekitar Rp. 200.000 perharinya. Lalu untuk mengantar  menu sahur kita memanfaatkan sepeda motor milik alda sebagai media transfortasi yang cepat dan efisien. Kedepan, kita mengharapkan SO ini menjadi semacam warteg online , bentuknya seperti pelayanan healthy food delivery, jadi semacam warteg online tapi higienis dan murah hehe.


Mia dan alda (calon pengusaha muda)
Amiiiiiiiiiin hehe

Nb: terimakasih  telah  membaca, semoga bermanfaat dan menjadi infirasi untuk teman teman semuanya J
Salam pemuda Indonesia!!!!








Rabu, 15 Juni 2016

contoh CV (Curiculum Vitae) 2016

CURICULUM VITAE
Alamat Domisili:
Komplek dosen uin jakarta asrama putri. Jl. Ibnu taymiyah IV No. 162 Pisangan Ciputat Timur. Tanggerang  Selatan 15149




Alamat Rumah
Jl. Leuwidamar
Kp. cimarga
Kec. Cimarga
Des. Margajaya
Kab. Lebak-banten


Nurmia Noviantri











Mobile phone:                                       
(+62)83870992391
E-mail:



Biodata Pribadi


Tempat, tanggal lahir : lebak, 03 november 1996
Jenis kelamin : perempuan
Status  : Mahasiswa
NIM : 11150490000045
Fak/prodi : FSH/ Muamalat (Hukum Ekonomi Syariah)
Semester : 2
Kewarganegaraan : Indonesia
Pengalaman Kerja
v  Mengajar di MTS Daarus’saadah
*  event organizer
Riwayat Pendidikan
v  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (2015
v  SMAT PONPES MODERN DAARUS’SAADAH (2012-2014)
v  MTS PONPES MODERN DAARUS’SAADAH (2009-2011)
v  SDN Margajaya 1( 2003-2008)

IPK
v  3.60
Prestasi yang pernah diraih

v  Juara 3 pidato B.indonesia pada acara Isra Mi’raj se-kab. Lebak (2008)
v  Juara 1 LCC oleh MTS Daarus’saadah (2010)
v  Juara 2 pidato bahasa inggris se-kab. Lebak (2012)
v  Juara 2 pidato B.indonesia antar konsulat oleh PONPES Daarus’saadah (2011)
v  3 besar selama SD,SMP, dan SMA

Pengalaman Organisasi













v  Bagian Bahasa di Ikatan Santri Putri (ISPI) Boarding school Daarus’saadah
v  Bendahara komisariat UIN JAKARTA  Ikatan Mahasiswa Lebak (IMALA)
v  Panitia Grand Opening Student Preneuer Award 2016 Tangsel
v  C.O.I.N.S ( Center for islamic ekonomic study)
v  HMI (Himpunan Mahasiswa Islam)
v  HMPS (Himpunan  Mahasiswa Program Study)
v  Beasiswa BIDIKMISI S1
v  Pengurus harian GI BEI Cab. UIN Jakarta

Seminar & Pelatihan

v  Seminar Beasiswa LDK Komda FSH (2015)
v  Seminar Nasional FST Entrepreneurship Week (2015)
v  Seminar Islam Nusantara FAH (2015)
v  Pelatihan Kepemimpinan oleh IPPNU
v  Latihan kader himpunan mahasiswa islam
v  Pelatihan leadership, enterpreneur, academic, propesional

Kepribadian
v  Mampu berkomunikasi dengan baik
v  Dapat bekerja dalam tim maupun individu
v  Berkemauan keras
v  Cepat Belajar
v  Disiplin
v  Mandiri
v  Bertanggung jawab





contoh cerita riwayat hidup yang memotivasi

CERITA RIWAYAT HIDUP

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatu....

            Saya Nurmia noviantri lahir di kp.cimarga 03 november 1996. Saya anak perempuan yang dilahirkan dari keluarga sederhana. Saya tinggal dan di besarkan di kota rangkasbitung, lebak provinsi banten. Orang tua saya asli rangkasbitung dan keturunan sunda. Ayah saya adalah wiraswasta dengan  bidang jasa tambal ban, sedangkan ibu saya adalah ibu rumah tangga. Saya anak pertama dari 3 bersaudara. Adik saya duduk di bangku 2 SMP dan 6 SD yang masih membutuhkan banyak biaya.
            Saya lulus dari SDN Margajaya 1 kp.cimarga pada tahun 2008. Jarak rumah saya kesekolah kurang lebih 2 KM, saya biasanya kesekolah naik angkutan umum yang biasanya menghabiskan biaya Rp 600 pulang pergi setiap harinya sedangkan uang saku saya perhari Rp 1000,  saya biasa menggunakan sisa dari uang saku saya untuk jajan atau keperluan iuran kelas. Saya sering jalan kaki kesekolah hal tersebut karena saya ingin mempunyai uang jajan lebih. Selama saya bersekolah di SDN Margajaya 1, alhmadulilah saya selalu masuk dalam urutan 3 besar. Waktu SD saya menyukai pelajaran matematika dan menggambar, saya pernah dipilih untuk mewakili SDN Margajaya 1 dalam lomba matematika dan menggambar  tingkat kecamatan, alhamdulilah dalam bidang matematika saya mendapatkan juara 3 dan dalam lomba menggambar saya mendapatkan juara harapan 2. Selain bersekolah di SDN Margajaya 1 saya juga belajar di madrasah/ MI pada sore hari nya, alhamdulilah selama saya sekolah di SDN Margajaya 1 dan MI gratis. Dengan semangat juang yang tinggi dan kemauan yang besar, selama di SDN dan MI saya slalu mendapatkan peringgkat kelas dan  menjadi utusan untuk berbagai macam lomba.
Banyak hal yang memotivasi saya untuk terus bersekolah, salah satunya adalah karna saya adalah orang kampung maka saya tidak boleh kampungan dan tidak berpengetahuan. Selain itu hal yang paling memotivasi saya adalah keadaan ekonomi keluarga saya, yang dapat dikatakan kelas ekonomi bawah, maka saya harus menjadi anak yang berprestasi agar nantinya saya dapat membantu keluarga dan memperbaiki keadaan keluarga saya.
Dikampung cimarga hampir sebagian warganya putus sekolah atau hanya lulus SD. Dan banyak juga teman saya yang selepas SD langsung menikah atau bekerja di PRT di beberapa kota. Dari sana saya bertekad untuk keluar dari kebiasaan yang ada di kampung saya. Dengan segala keterbatasan dalam kususnya bidang ekonomi saya melanjutkan pendidikan ke sekolah tingkat pertama. Saya bersekolah dan mondok di ponpes modern Darussa’adah yang sebagian besar siswanya dari golongan ekonomi menengah. Pada umumnya pondok pesantren modern terkenal dengan bayaran yang cukup mahal, tapi alhamdulilah karna orang tua saya mendukung  dan mendoakan saya, Allah melancarkan niat baik saya, maka pada saat itu ada tawaran masuk  pesantren DAARUS’SAADAH dengan keringanan biaya, pada saat itu biaya perbulan adalah Rp 250.000, karna saya mendapatkan keringanan biaya,  saya hanya  membayar Rp 100.000 /bulan,kesempatan yang sangat luar biasa dan sungguh rezeki yang harus disyukuri.
Selama di MTS Daarussaadah saya selalu menduduki peringkat 3 besar. Di MTS Daarussaadah, saya tidak hanya mengikuti kegiatan formal akan tetapi saya juga mengikuti non formal, seperti; basket ball, pencak silat, dan  badminton serta kegiatan pondok lainnya seperti muhadoroh, muhajahah, muhadasah dan lain sebagainya. Dimana kegiatan-kegiatan tersebut telah memberikan manfaat yang dapat saya rasakan sampai saat ini. Saat MTS  saya juga mengikuti kegiatan IPPNU ( Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama ) yang bergerak dalam bidang latihan dasar kepemimpinan santri. Pada tahun 2011 saya lulus dari MTS Daarussaadah dengan hasil yang cukup memuaskan.
Saya melanjutkan SMA di pesantren modern yang sama, yaitu SMA Daarus’saadah dan tetap mendapatkan peringanan, yah walaupun memang harga bayaran perbulannya pun meninggkat,dengan dukungan dan kerja keras orang tua saya,mereka banting tulang tak kenal malu tak kenal panas ataupun kedinginan ,pada saat saya SMA memang pada saat itu orang tua saya berenisyatif untuk dagang bunga di pinggir jalan,rintangan demi rintangan ledekan demi ledekan memang sudah tak asing bagi saya,akan tetapi adanya ledekan dan dan rintangan yang saya harus lalui membuat saya untuk harus tegar dan semangat, karna saya berfikir ini lah keadaan saya saat ini dan inilah keadaan orang tua saya saat ini,tapi saya yakin Allah mempunyai rencana yang jauh lebih indah dari ini.
Ketika di pondok pesantren selalu ada namanya pergantian pengurus atau lebih familiar di sebut mudabir dan mudabiroh  ketika akir semester kelas  2  SMA , ketika itu saya mendapatkan jabatan yang bisa di katakan tidak terlalu rendah yaitu sebagai bagian bahasa atau disebut kismu lugoh yang mana kita saya dan teman teman saya yang 3 orang ini di tuntut untuk pintar dalam bernahasa karna kita secara tidak langsung  rajanya bahasa ,maka dari itu semakin besar kita maka akan semakin besar pula tanggung jawab kita, maka pada kesempatan ini saya terus menggali dan memperbanyak kosa kata bahasa saya, karna pada dasarnya di pondok pesantren itu hanya menggunakan 2 bahasa, yaitu bahasa arab dan bahasa inggris.
Tahun 2014 saya lulus dari  SMA pondok pesantren DAARUS’SAADAH dengan syarat kelulusan hapal qur’an 12 surat. Senang lah hati saya bangga lah keluarga saya karna saya bisa melewati semua itu, akan tetapi ternyata ketika saya lulus dari pesantren DARUSSADAH ini Allah mentakdirkan saya untuk tidak langsung meninggalkan pesantren ini begitu saja , ternyata pimpinan pesantren turun langsung untuk memilih orang orang yang alhamdulilah bisa dikatakan santri teladan mengabdi di pesantrennya selama 1 tahun. Sangat begitu banyak cobaan menjadi seorang guru yang kecil dan tidak berpengetahuan luas. Maka dari itu saya tidak ingin hanya sekolah yang hanya tamatan SMA ingin rasanya saya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tapi apalah daya saya tak punya keberanian untuk berbicara kepada orangtua, karna orang tua saya bukanlah orang yang mampu. Saya pulang kerumah setelah 1 tahun mengabdi di pondok.
Dengan hati yang ketakutan saya pun nekad untuk berbicara bahwa saya ingin kuliah, nangis lah orang tua saya,mereka menangis bukan karna mereka tak ingin untuk mensekolahkan saya, tapi karana faktor ekonomilah yang membuat mereka tertekan, subhanallah dengan tekad yang kuat dan susah payah ternyata mereka mengumpulkan uang sedikit demi sedikit sehingga terkumpulah uang agar saya bisa kuliah, dengan saya mendaftarkan diri ke UIN Syarif Hidayatullah dengan bismilah saya mengikuti berbagai proses agar masuk ke perguruan negri ini, karna yang lebih saya takutkan adalah saya hanya mengikuti 1 tes, berbeda dengan teman-teman saya yang mengikuti berbagai tes dan berbagai universitas karna memang mereka ada kecukupan uang, dan alhamdulilah Allah mengabulkan doa saya dan doa semua orang yang mendukung saya termasuk orang tua tercinta, dengan jalur mandiri yang saya ikuti saya LULUS. Ya allah senangnya luar biasa, tapi perjuangan orang tua saya tidak cukup sampai disini, dengan mempersiapkan uang daftar ulang dan lain sebagainya orang tua saya rela pinjam kemanapun agar saya menjadi mahasiswa UIN jakarta, maka dari itu ingin rasanya saya tidak membebani orang tua lagi. saya ingin kuliah dengan tidak sepeserpun untuk minta kepada orang tua, maka dari itu saya mengikuti tes BEASTUDI ETOS 2015 semoga allah melancarkan segala urusan kuliah saya dan niat baik saya, semoga saya bisa menjadi sarjana hukum ekonomi syariah yang handal dan taat kepada Allah. Amiiiiin.

Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatu...........





Kamis, 29 Januari 2015

puisi untuk mama mia

Ibu, sampai kapan-pun akan menjadi sosok yang paling kita hormati dan banggakan, karena dari ibu-lah kehidupan kita bermula. Ibu mengandung kita selama sembilan bulan, kemudian mempertaruhkan nyawanya ketika melahirkan kita dan harus kembali mempertaruhkan nywanya ketika membesarkan dan mengutamakan kebaikan untuk kehidupan kita. Ia adalah satu-satunya sosok yang mungkin rela memberikan apa saja untuk anaknya. Maka dari itu, rasanya tidak terlalu berlebihan jika kita mencurahkan seluruh tenaga kita, bukan untuk membalas semua jasanya yang tak terbalas, namun setidaknya sekedar membahagiakan dan menjadikannya wanita tersempurna sebagaimana selayaknya.

Salah satu pemberian yang mungkin akan meninggalkan kesan yang mendalam di hati ibu kita adalah dengan menghadiahinya Puisi Ibu yang kita tulis sendiri, puisi yang mencurahkan seluruh perasaan kita tentang bertapa berharga dan berartinya ia.


Puisi Untuk Ibu
Kumpulan Puisi Ibu
DOA UNTUK IBU


Aku tak tau apa yang harus kuLakukan tanpa dia
Dia yang seLaLu mengerti aku
Dia yang tak pernah Letih menasehatiku
Dia yang seLaLu menemani

DiaLah Ibu
Orang yang seLaLu menjagaku
Tanpa dia aku merasa hampa hidup di dunia ini
Tanpa.nya aku bukanlah apa-apa

Aku hanya seorang manusia Lemah
Yang membutuhkan kekuatan
Kekuatan cinta kasih dari ibu
Kekuatan yang Lebih dari apapun

Engkau sangat berharga bagiku
WaLaupun engkau seLaLu memarahiku
Aku tau
Itu bentuk perhatian dari mu
Itu menandakan kau peduLi denganku

Ya Allah,,
BerikanLah kesehatan pada ibuku
PanjangkanLah umur.nya
Aku ingin membahagiakan.nya
SebeLum aku atau dia tiada

Terimakasih Ibu
Atas apa yang teLah kau berikan padaku
Aku akan seLaLu menyanyangimu